Rabu, 25 Mei 2011

Terlantar atau Tak Peduli ???

Siapa yang tahu bahasa Indonesia?
Sudah kenalkah dengan bahasa itu?
Atau malah acuh mendengar kata - kata yang mengandung unsur bahasa Indonesia?
Setelah dilihat kembali dan mengambil dari kondisi sekitar maupun kondisi yang pernah saya alami. Bahasa Indonesia sekarang cenderung diacuhkan bahkan tidak adanya kebanggaan dalam generasi penerus untuk menelaah lebih dalam mengenai bahasa induk mereka sendiri. Bagaimana mau menelaah kalau memakai dalam kehidupan sehari - hari saja masih enggan. Keengganan tersebut dapat dilihat dengan pemakaiannya yang masih tercampur dengan bahasa asing maupun bahasa daerah. Saya sendiri sadar bahwa apa yang saya lakukan di tiap harinya masihlah jauh dari apa yang disebut bangga akan bahasa sendiri. Karena dalam setiap perkataan saya akan muncul satu atau dua bahkan mungkin lebih kata yang tidak dalam bahasa Indonesia.
Mengapa hal tersebut bisa terjadi?
Bila hal itu saya cerminkan pada diri saya sendiri. Maka saya akan menjawab. Karena kita orang Indonesia adalah orang yang mudah terlena dan silau dengan kemegahan kekayaan dari budaya bangsa lain. Dan lebih parahnya, menganggap milik bangsa lain tersebut lebih indah dan baik daripada Indonesia sendiri. Karena itu semoga dengan apa yang saya tulis dapat menggugah rasa bangga dan rasa kepemilikan kita terhadap bangsa Indonesia terutama bahasanya. karena tentunya bangsa lain akan heran dan timbul pertanyaan. Mengapa orang Indonesia tidak bisa menguasai bahasanya sendiri? Sikap apa itu?
Maka dari itu mari kita mulai berlatih menggunakan bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari. Mulailah dari sekarang, baik saya maupun anda harapannya dapat menjunjung tinggi martabat bangsa Indonesia di hadapan bangsa lain.
Salam Indonesia !

-- three --

0 komentar: